Monday, May 6, 2013

Grammar Intro

Grammar, begitu dengar kata ini, orang-orang pasti merinding. Materi inilah yang selalu menjadi musuh besar bagi mereka yang sedang belajar bahasa Inggris. Terutama bagi mereka yang kurang tertarik dengan bahasa Inggris. Nah, sekarang saya akan coba jelaskan dengan sesederhana mungkin. Orang-orang takut grammar, tapi apa sih grammar itu? Grammar sederhananya adalah struktur dan sistem dari suatu bahasa. Jadi bukan hanya bahasa Inggris yang punya grammar, semua bahasa punya, tapi hanya beda istilahnya saja.

Isi grammar itu apa saja? Bukan hanya tenses loh. Grammar mencakup segala aturan dalam bahasa Inggris. Tenses adalah salah satu yang paling sering didengar dan ditakuti. Selain tenses ada juga verb patterns, conditional sentences, questions, dll. Nanti akan saya bahas satu-satu dengan sesederhana mungkin agar pembaca tidak merasa takut.

Ada yang berpendapat "ah grammar gak penting, yang penting kan bisa ngomong" atau "bule juga kalo ngomong gak pake grammar yang bener kok". Yah, pendapat orang memang bebas, hanya saja saya berpendapat, meskipun materi-materi grammar menjemukan dan memusingkan tapi memang inilah aturan dan sistem dalam bahasa. Jika anda serius belajar bahasa asing, alergi grammar anda harus dihilangkan.
Ketika orang berbicara bahasa Inggris, baik native speakers ataupun kita sebagai pembelajar, pasti kita ikuti aturan grammar baik secara langsung ataupun tidak. Disini saya hanya mengingatkan bahwa apa yang kita pelajari akan menjadi pedoman, aturan, dan jalan agar pembelajaran ke depan akan lebih mudah. Jadi, ayo kita belajar dengan serius dan fokus, jangan kalah dengan rasa takut dan malas!

No comments:

Post a Comment