Tuesday, May 7, 2013

Noun

Siang semua, untuk materi hari ini, kita akan lanjutkan materi parts of speech yang sudah dipost kemarin. Yup, sesuai judul kita akan bahas salah satu dari elemen kata dalam bahasa Inggris, yaitu noun atau dalam bahasa Indonesia "kata benda".

Pasti kalian bertanya-tanya, "apa sih yang harus diperdalam dari kata benda, kan gampang?"Nah, buat menjawab pertanyaan itu, saya kasih sedikit clue. Ternyata, noun itu banyak jenisnya lho, dan masing-masing jenis ada aturan-aturannya sendiri. Penasaran kan? Ayo kita lihat apa sih noun itu dan apa saja jenis-jenis serta aturannya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, noun adalah kata benda. Noun dapat dibagi menjadi 8 kategori, yaitu common nouns, proper nouns, concrete nouns, abstract nouns, singular nouns, plural nouns, countable nouns, dan uncountable nouns. Wah banyak juga kan. Sekarang mari kita bahas satu-satu jenis noun tersebut.


a. Common Nouns 
Common nouns adalah noun/kata benda yang mewakili benda yang umum diketahui dan secara universal sama. Contohnya, "cat" atau "kucing", setiap orang dibelahan dunia manapun tahu binatang apakah kucing itu dan setiap kucing pasti disebut "kucing" kecuali diberi nama. Contoh lainnya: dog, turtle, table, chair pen, pencil, banana, apple, dll. Simple kan? Jadi intinya common noun adalah kata dari benda-benda yang sehari-hari kita jumpai.

b. Proper Nouns
Kategori yang kedua adalah proper noun. Apakah proper noun itu? Sebaliknya dari common noun, proper noun merupakan kata benda untuk suatu objek atau orang yang memiliki ciri khusus. Definisinya bikin pusing ya? Singkatnya, proper noun itu nama untuk sesuatu atau seseorang. Contohnya Joko Widodo, John, Robb, Samsung, Nokia, dll. Nama seseorang bisa saja sama, tapi pemilik nama tentu adalah orang yang berbeda, nah itulah fungsi dari proper noun untuk memberi ciri khusus pada benda.

c.  Concrete Nouns
Concrete nouns adalah noun yang terdiri dari kata benda yang dapat dirasakan oleh panca indra( dapat disentuh, dirasakan, dicium, atau dilihat). Banyak sekali contoh dari noun kategori ini, antara lain animals (monkey, bird, ant), fruits(pineapple, melon,grape), tools(pen, scissor, ruler), dll.

d. Abstract Nouns
 Abstract nouns adalah kebalikan dari concrete nouns, yaitu kata benda yang tidak dapat dirasakan panca indra alias abstrak. Happiness, dream, hope, strength, dll merupakan sedikit dari contoh kategori ini

e. Singular Nouns
 Singular nouns merupakan noun yang menunjukan benda baik benda hidup ataupun benda mati tunggal atau hanya berjumlah satu. Contohnya adalah an apple, a cat, a man, a rabbit, dll.

f. Plural Nouns
 Plural nouns merupakan noun yang menunjukan benda jamak atau lebih dari satu. Biasanya diakhir kata terdapat suffix (imbuhan akhir) -s.  Contoh, apples, cats, rabbits, dll. Namun ada beberapa contoh kata plural noun yang tidak berakhiran -s, seperti two men, several oxen, three sheep.  Masih banyak pengecualian untuk akhiran -s yang akan kita bahas di lain kesempatan ya.

g. Countable Nouns
 Countable nouns dapat dijabarkan dengan simple sebagai noun yang mempunyai bentuk singular dan plural. Atau yang lebih terkenal di kalangan masyarakat Indonesia adalah noun yang bisa dihitung contohnya adalah a cat > two cats, a horse > three horses.

h. Uncountable Nouns 
 Sementara uncountable nouns secara populer diartikan sebagai noun yang tidak bisa dihitung. Walaupun tidak seluruhnya benar dan mustahil, namun noun yang dikategorikan dalam kelas ini biasanya mempunyai jumlah yang sangat banyak dan selalu menggunakan bentuk singular. Agak bingung? Coba kita lihat saja contohnya: sugar. Sugar (gula) menggunakan bentuk singular walaupun sebetulnya butiran gula itu banyak sekali. Nah untuk "menghitung" uncountable noun, kita bisa menggunakan media penyimpanan sebagai ukurannya. Contoh: a box of sugar, a cup of tea, dll.

Sebuah noun bisa masuk ke dalam beberapa kategori sekaligus loh. Misalkan cat yang masuk ke kategori common noun, concrete noun, singular dan countable. Jadi pengkategorian ini dimaksudkan untuk memisahkan fungsinya saja. OK?

Bagaimana? Sudah lebih paham, atau malah tambah bingung? Tenang saja, belajar itu ada prosesnya, wajar bila kita tidak langsung mengerti, tinggal dipraktikan saja. Ada cara latihan yang bisa kita gunakan. Lihatlah sekeliling lalu sebutkan dalam bahasa Inggris, setelah itu kita coba masuk ke kategori mana sajakah kata yang kita sebutkan itu. Simple kan?


1 comment: